Kendati Sudah Menguat, BI Anggap Rupiah Masih di Bawah Harapan

Selasa, 27 November 2018 - 17:01 WIB
Kendati Sudah Menguat, BI Anggap Rupiah Masih di Bawah Harapan
Kendati Sudah Menguat, BI Anggap Rupiah Masih di Bawah Harapan
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan bahwa saat ini nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) telah kembali menguat. Sebelumnya, rupiah terus terdepresiasi hingga menyentuh level Rp15.000 per USD.

Dia mengaku bersyukur karena nilai tukar mata uang Garuda telah kembali menguat. Namun, Perry menganggap bahwa level rupiah saat ini masih di bawah yang diinginkan bank sentral (undervalued).

"Alhamdulillah rupiah sudah mulai menguat. Tapi kami masih memandang rupiah sekarang masih undervalued," ucapnya di JCC, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2018. Dalam acara tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memuji habis-habisan Gubernur BI Perry Warjiyo, yang disebut-sebut telah berhasil meredakan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Jokowi mengatakan, pertempuran di level dunia sangatlah berat untuk Indonesia. Namun, BI konsisten melakukan intervensi pasar dan menaikkan suku bunga acuannya untuk menjaga stabilitas kurs rupiah.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6558 seconds (0.1#10.140)